BERITA DESA

Pemerintah Desa dan BPD membahasa Peraturan tentang Kemanan, Kenyamanan dan Ketertiban Lingkup Desa

Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa

PERATURAN DAN TATA TERTIB LINGKUNGAN MASYARAKAT

DESA BALANTANG, KEC. MALILI - LUWU TIMUR

TAHUN 2019

 

PENDAHULUAN

Warga Balantang adalah warga yang menetap di wilayah yang diresmikan, diputuskan dan ditetapkan oleh Kepala Desa Balantang, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur. Wilayah dengan jumlah warga 2798 jiwa, total 750 Kepala Rumah tangga yang kurang lebih 600 unit rumah, program kerja dan Kebijakan Pemerintah Desa diharapkan seluruh warga memiliki kepedulian untuk saling menghargai dan menyayangi sesama sebagai satu keluarga besar dengan tujuan hidup tentram aman dan damai.

 

KEDUDUKAN DAN STATUS WARGA

  1. Warga berkedudukan di Desa Balantang, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur.
  2. Warga Balantang adalah warga yang menetap dan tinggal di wilayah Desa Balantang, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur.

 

HAK WARGA

  1. Setiap warga berhak mengeluarkan pendapat baik lisan maupun tulisan kepada Pemerintah Desa Balantang
  2. Setiap warga berhak mengikuti setiap kegiatan – kegiatan dilingkungan Pemerintahan Desa Balantang
  3. Setiap warga berhak memilih dan dipilih sebagai Pengurus Pemerintah Desa Balantang.
  4. Setiap warga berhak mengetahui laporan keuangan dan kas Pemerintah Desa Balantang
  5. Setiap warga berhak memperoleh pelayanan administrasi dan kewilayahan dari Pemerintah Desa Balantang.

 

KEWAJIBAN WARGA

  1. Warga wajib berpartisipasi aktif dalam hal menjaga keamanan, kebersihan, ketertiban, kerukunan bersama, masalah sosial kemasyarakatan, saling tolong menolong sesama warga di saat ada yang tertimpa musibah dan saat mendapatkan ancaman keamanan.
  2. Warga yang menetap wajib memiliki identitas diri (e-KTP) dan untuk warga yang masih mempunyai KTP model lama dinyatakan TIDAK BERLAKU dan sesegera mungkin untuk menggantinya dengan e- KTP (sesuai dengan instruksi Pemkab Luwu Timur) dan untuk yang mengontrak wajib memiliki KTP dari tempat asalnya.
  3. Warga (KK/Rumah) wajib membayar iuran kas RT sebesar Rp 2.000,- yang diambil oleh koordinator Humas masing-masing RT mulai tanggal 1 ~ 10 setiap bulannya, dan bagi yang belum membayar wajib menyerahkan langsung kepada Koordinator humas masing paling lambat tanggal 15 setiap bulannya.
  4. Warga (Kepala Keluarga) wajib memberikan data dan/atau identitas diri kepada RT/Dusun/Pemerintah Desa, termasuk jika ada perubahan status (datang, pindah, kelahiran, perkawinan, kematian) untuk keperluan Pendataan Kependudukan dan Catatan Sipil.
  5. Warga baru yang pindah maksimal 3 x 24 jam wajib melapor kepada RT/Dusun/Pemerintah Desa dengan membawa fotocopy KTP, KK , Buku Nikah bagi yang sdh berkeluarga atau fotocopy identitas diri lainnya dan mengisi forrm data lapor diri.
  6. Warga yang meminta surat pengantar akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 5.000,- dan akan disimpan sebagai kas desa.
  7. Pertemuan rutin (Rapat Koordinasi Warga akan dilaksanakan setiap 3 (Tiga) bulan sekali dan bisa berubah sewaktu-waktu jika diperlukan. atau sesuai dengan kebutuhan.
  8. Setiap warga wajib menghadiri pertemuan (Rapat warga) tersebut sesuai dengan undangan dari RT/Dusun/Pemerintah Desa. Apabila berhalangan maka secara otomatis menyetujui hasil keputusan rapat yang telah disepakati oleh warga yang hadir pada saat itu.
  9. Setiap iuran yang telah diputuskan melalui rapat RT/Dusun/Pemerintah Desa dalam rangka meningkatkan kenyamanan dan keamanan lingkungan diwajibkan untuk membayar iuran tanpa terkecuali.
  10. Menolak segala bentuk sumbangan untuk OKP/OKM yang tidak mendapat izin dari RT/Dusun/Pemerintah Desa.
  11. Pengurusan administrasi harus diurus oleh kepala keluarga, anggota keluarga lainnya yang sudah dewasa (menikah) atau berusia lebih dari 17 tahun. Pengurusan administrasi dianjurkan membawa identitas diri (KTP dan KK Asli).
  12. Setiap warga yang menetap di lingkungan RT/Dusun/Pemerintah Desa wajib membayar Iuran minimal Rp. 2000 (Dua Ribu Rupiah) dan di isi setiap malam minggu. Dana tersebut akan di kumpulkan dan di gunakan untuk keperluan Konsumsi petugas ronda, pembangunan fasilitas umum untuk warga, dana sosial dan dana kas ronda.
  13. Setiap warga wajib mematuhi hasil rapat RT/Dusun/Pemerintah Desa dengan warga dan Peraturan Desa Balantang.

 

PERAYAAN, HAJATAN DAN ACARA KELUARGA

  1. Warga yang akan mempunyai hajatan/acara/pesta pernikahan dan sebagainya dengan mengadakan hiburan atau memakai dan melakukan penutupan jalan, wajib melapor dan meminta izin dari Dusun/RT dan Pihak dari Kepolisian Polsek Setu selambat-lambatnya 3 (tiga) hari sebelumnya untuk mendapatkan surat izin keramaian secara tertulis dari Pemerintah Desa.
  2. Apabila terjadi keributan di dalam acara tersebut, Pemerintah Desa berhak memberhentikan acara tersebut.
  3. Bertanggung jawab menjaga kebersihan lingkungan.
  4. Untuk pemakaian alat-alat inventaris meliputi Tenda, Kurs, Sound system dan kendaraan pengkut sampah warga wajib mengisi uang kas minimal sebesar Rp. 100.000 (Seratus ribu Rupiah) sebagai dana untuk pemeliharaan inventaris.

 

DANA SOSIAL WARGA

  1. Alokasi dana sosial akan diambil dari kas Desa atau Dana Kas Ronda.
  2. Warga berhak mendapatkan dana sosial apabila :
  • Melahirkan / Bersalin sesar (oprasi) mendapat santunan uang senilai Rp100.000 (dari kas Desa)
  • Sakit Rawat Inap (minimal 2 hari) mendapat santunan uang senilai Rp100.000 (dari kas desa)
  • Meninggal Dunia (mendapatkann santunan dari dana sosial menurut butir pertama)

 

KERJA BAKTI DAN KEBERSIHAN

  1. Setiap warga diwajibkan untuk membersihkan pekarangan dan selokan di areal rumah masing-masing.
  2. Kerja Bakti atau kebersihan (sabtu bersih) dilaksanakan 1 (minggu) minggu sekali sesuai dengan jadwal yang di tentukan dan diadakan pada hari sabtu yang akan dimulai jam 07.00 Wita sampai selesai. Apabila berhalangan hadir maka diwajibkan untuk memberikan konsumsi alakadarnya untuk warga yang melaksanakan kerja bakti.
  3. Area Kerja Bakti meliputi lingkungan RT/Dusun/Desa atau sesuai kebutuhan yang telah di sepakati bersama.
  4. Pada sabtu bersih di wajibkan untuk mengikuti kerja bakti ke RT/Dusun/Desa yang telah di instruksikan. Adapun pelaksanaan dan area kerja bakti tersebut sesuai dengan jadwal waktu dan tempat.

 

KETERTIBAN DAN KEAMANAN

  1. Warga dilarang keras menggunakan rumah pribadi dan fasilitas umum yang ada di Lingkungan RT/Dusun/Desa untuk melakukan kegiatan transaksi narkoba, minuman keras, berjudi dan tindakan kriminal lainnya. Apabila tertangkap tangan akan diserahkan pada pihak yang berwajib. Dan akan di berikan sanksi lingkungan yang sudah di tetapkan oleh seluruh warga Balantang.
  2. Warga yang menerima tamu, kerabat/keluarga yang bermaksud menginap lebih dari 2 (dua) hari, wajib melapor kepada RT/Dusun/Desa sebelum 1 x 24 jam. Apabila tidak melapor maka akan diberi sanksi peringatan.
  3. Warga wajib melapor ke RT/Dusun/Desa atau koordinator keamanan jika akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong lebih dari 1×24 jam.
  4. Warga selain melaporkan keberadaan keluarga inti dalam satu keluarga (suami, istri dan anak), juga wajib melaporkan keberadaan orang diluar keluarga inti yang ikut tinggal dan menetap di rumahnya seperti, orangtua, mertua, kerabat/sanak saudara, orang yang dipekerjakannya seperti pembantu rumah tangga, pengasuh atau babysitter kepada RT/Dusun/Desa atau koordinator keamanan (Linmas) selambat-lambatnya 3 x 24 Jam.
  5. Warga wajib menjaga ketertiban dan kenyamanan bertetangga dengan memperhatikan hal-hal berikut; Pintu utama rumah/pintu ruang tamu atau pagar rumah dalam keadaan terbuka di saat tamu sedang berkunjung dan mematuhi batas jam bertamu/berkunjung sampai dengan jam 23:00 wib.
  6. Warga dilarang berbuat anarkis dengan membawa nama pribadi atau golongan, agama dan suku yang dapat menimbulkan keributan dilingkungan RT/Dusun/Desa Balantang.
  7. Tidak dibenarkan membunyikan/bermain musik, bernyanyi hingga mengganggu tetangga yang sedang istirahat atau sakit.
  8. Untuk menjaga keamanan dan keindahan lingkungan, setiap warga wajib menghidupkan lampu teras setiap malamnya.
  9. Apabila terdapat pelanggaran maka akan dikenakan sanksi berupa peringatan keras

 

TATA TERTIB PERATURAN RONDA/SISKAMLING

  1. Setiap warga Balantang (Laki-laki/ Kepala Rumah Tangga) wajib melaksanakan ronda/siskamling sesuai jadwal yang telah di tentukan dan diadakan setiap malam sabtu dan minggu kecuali sakit rawat inap, terkena musibah atau warga yang sudah jompo.
  2. Setiap petugas ronda wajib mentaati peraturan ronda dan jadwal ronda yang telah di sepakati bersama.
  3. Setiap petugas ronda wajib mengisi absensi kehadiran sesuai jadwal yang telah di tentukan, apabila tidak mengisi absensi maka dianggap tidak hadir dan akan di kenakan denda sebesar Rp. 20.000 (Dua Puluh Ribu Rupiah) dan dana tersebut akan di gunakan untuk pembangunan fasilitas umum di lingkungan RT/Dusun/Desa, dana sosial dan dana kas ronda. (Denda Berlaku Terhitung mulai Tanggal, 01 Januari 2018).
  4. Setiap petugas ronda wajib melaksanakan ronda dengan penuh rasa tanggung jawab ronda dimulai pada jam 00:00 wib s/d 04:00 wib, selama bulan Rhamadhan Jam 23:00 s/d 03:00 wib atau tergantung kebutuhan
  5. Titik kumpul start petugas ronda dan absensi petugas ronda adalah pos induk (kantor sekertariat) yang telah ditunjuk sebagai titik utama berkumpul.
  6. Penempatan pos untuk petugas-petugas ronda dan mengutamakan pada tempat-tempat yang di anggap rawan untuk tindak kejahatan atau sesuai dengan kebutuhan.
  7. Setiap petugas ronda wajib melaporkan kepada kordinator keamanan (danton) apabila menemukan atau melihat hal-hal yg mencurigakan atau yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban di lingkungan RT/Dusun/Desa
  8. Setiap petugas Ronda wajib patroli (keliling Lingkungan) di area lingkungan RT/Dusun/Desa Balantang secara berkelompok atau per regu sesuai kebutuhan dan saling berkoordinasi dengan pos ronda lainnya.
  9. Setiap petugas ronda wajib melaksanakan penarikan iuran di setiap rumah warga secara berkelompok atau per regu sesuai kebutuhan dan dana tersebut akan di gunakan untuk pembangunan di lingkungan RT RT/Dusun/Desa Balantang.
  10. Apabila berhalangan pada jadwal ronda yang telah di tentukan maka jadwalnya dapat diganti pada minggu berikutnya atau minggu sebelumnya.
  11. Pergantian Jadwal dapat di lakukan maksimal pada minggu pertama pada bulan berikutnya.
  12. Untuk ketertiban Ronda Pergantian personil ronda (ganti personil) untuk sementara dikoordinasikan demi untuk silahturahmi antar warga RT/Dusun/Desa Balantang.
  13. Apabila berhalangan yang sifatnya sangant mendadak cukup memberi tahu kepada rekan rondanya pada malam itu atau kepada koordianator keamanan, RT/Dusun/Desa atau humas masing-masing.
  14. Apabila petugas ronda berhalangan karena sakit atau rawat inap atau terkena musibah mendapatkan konpensasi dan tidak akan di kenakan sanksi denda administrasi.

 

LAIN-LAIN

  1. Warga yang memelihara hewan peliharaan termasuk Ternak wajib memperhatikan kebersihan dan kesehatan hewan yang dipeliharanya. Termasuk di dalamnya adalah terbebasnya lingkungan dari penyakit.
  2. Warga wajib memasang bendera merah putih di hari dan tanggal yang telah ditentukan pemerintah RI dan Perayaan Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur.
  3. setiap warga wajib memasang Nomor Rumah supaya dapat mempermudah dalam menyampaikan surat undangan, surat pemberitahuan dan sebagainya.
  4. Bak sampah wajib dijaga kebersihannya, buang sampah harus dibungkus plastik terlebih dahulu sebelum dibuang dalam tong sampah di depan rumah supaya mempermudah petugas mengambilnya.
  5. Bagi warga yang sengaja membuang sampah ke sungai, waduk, situ, saluran air limbah, di jalan, taman atau tempat umum, maka dikenakan sanksi adminitrasi.

Komentar menggunakan akun Facebook

Kirim Komentar

Tiga Ribu Empat Ratus Tujuh Puluh Lima