01 Desember 2021

3 (TIGA BULAN BERSIH SAMPAH) TEMA SAYANGI BUMI, BERSIHKAN DARI SAMPAH

Sampah merupakan masalah serius di Indonesia. Produksi sampah rumah tangga dan industri mencapai 65 juta ton per tahun. Setiap individu memproduksi sekitar 0,7 kilogram sampah per hari. Selain itu, sampah dibuang tidak hanya di daratan tapi juga di laut. maka Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meluncurkan gerakan “3 Bulan Bersih Sampah”  dengan merangkul para tokoh agama. Gerakan ni merupakan bagian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tahun pada 21 Februari. kewenangan pengelolaan sampah ada di daerah. “Menurut UU No.18/2008  tentang Pengelolaan Sampah, pengelolaan sampah dilakukan di propinsi dan kabupaten/kota. Pemerintah pusat, dalam hal ini KLHK, menyiapkan software atau kebijakan pelaksanaannya: bagaimana aturan harus dilakukan di daerah.

“Gerakan berdasarkan surat edaran dari Menteri LHK, Pemerintah Desa melakukan sosialisasi kebijakan program pengelolaan sampah, kebersihan di kantor pemerintah hingga desa, pelabuhan, sungai, pasar tradisional, kawasan pemukiman, pelaksanaan car free day tanpa sampah dan pelaksanaan Pilkada tanpa sampah serta memfasilitasi kegiatan masyarakat dalam gotong royong bersih sampah.

kewenangan pengelolaan sampah ada di daerah. “Menurut UU No.18/2008  tentang Pengelolaan Sampah, pengelolaan sampah dilakukan di propinsi dan kabupaten/kota. Pemerintah pusat, dalam hal ini KLHK, menyiapkan software atau kebijakan pelaksanaannya: bagaimana aturan harus dilakukan di daerah.

  • Tempat : Desa Balantang
  • Tanggal : Selasa, 01 Januari 2019 s/d Jumat, 01 Maret 2019
  • Pukul : 07.00 - 11.00
  • Agenda Dibuat Oleh Admin Pemdes